Tahukan Anda Memberikan Makanan Manusia Kepada Kucing Peliharaan Bisa Berakibat Fatal?

jenis Kucing INdonesiaSebagaimana batu akik ataupun tanaman gelombang cinta, ikan koki pernah menjadi bagian kegemaran yang banyak diminati khalayak. Merawat ikan koki pada saat ramai-ramainya tersebut, alasan terbanyaknya tak lain adalah karena motivasi uang. Bisa mendapatkan uang lebih darinya.
Namun terlepas sedang booming pun tidak booming, sejatinya merawat binatang ini telah lama digandrungi banyak pihak, karena merawat binatang kesayangan adalah bagian dari satu kegemaran ataupun hobi. Bahkan bagi sebagian orang, adakalanya lebih dari satu binatang yang dirawat demi melampiaskan hobi.

Jenis Piaraan

Banyak jenis binatang yang dipelihara, baik dengan tujuan untuk beternak ataupun untukklangenan. Umumnya adalah berbagai jenis burung, bermacam anjing, berjenis-jenis kucing, dan masih banyak lagi.
Selain memperhatikan segala kesukaannya, ada pula pantangan dan juga larangan yang butuh diperhatikan dalam merawat binatang-binatang piaraan tersebut. Dan berikut ini adalah beberapa asupan makanan pun minuman yang sejatinya banyak dinikmati manusia, namun justru berbahaya dan tidak disarankan untuk diberikan kepada kucing peliharaan kita.
  • Daging Mentah dan Ikan
Barangkali pola pikir kita masih kental dengan anggapan bahwa kucing pastinya akan baik apabila diberikan asupan makanan daging dan ikan, sehingga kitapun tak akan enggan memberikannya dagin dan ikan tanpa harus diproses terlebih dahulu.     Meskipun kucing akan sangat menyukainya, namun anggapan ini ternyata tak baik baginya, alasannya selain bisa menyebabkan muntah dan diare, ternyata makanan ini juga mampu mengakibatkansalmonella dan E coli keracunan.
  • Cokelat
Tak sedikit manusia yang gemar terhadap cokelat. Sehingga dia akan merasa bahagia apabila makanan kesukaannya itu juga turut dibikmati oleh binatang kesayangannya, kucing.    Hal ini tidak benar, karena ternyata kandungan theobromine yang terdapat dalam cokelat bisa mengakibatkan penyakit yang berhubungan dnegan jantung dan juga menyebabkan kejang pada kucing.
  • Susu
Mungkin kita kerap melihat sekor kucing yang nyolong minuman susu yang kita konsumsi. Serupa dengan asupan daging mentah, perlu diketahui bahwa meskipun mereka menyukainya namun laktosa atau susu yang biasa dikonsumsi manusia tidak baik bagi kucing, pasalnya selain tubuh mereka tidak akan bisa dengan mudah mencerna produk susu, ada pula penyakit lain yang akan muncul, sebagai contoh adalah diare dan juga muntah-muntah.
  • Kafein
Kafein tak bagus bagi kesehatan kucing kesayangan karena ia mampu menimbulkan efek keracunan dan bukan tidak mungkin juga mampu membuat kucing mati. Guna mendeteksi kucing keracunan kafein ini, gejala umum yang dapat segera diketahui di antaranya adalah timbulnya kegelisahan, dan detak jantung juga menjadi cepat.
  • Alkohol
Jangan sesekali memberikan alkohol kepada kucing. Pasalnya, alkohol memiliki efek lebih parah bagi kucing dibandingkan manusia. Bukan saja memabokkan baginya, namun juga akan lebih mudah membuat kucing kesayagan kita mudah mati.
  • Bawang Merah & Bawang Putih
Bawang putih pun bawang merah, keduanya memiliki kanduangan kimia yang bisa merusak sel darah merah pada kucing dan sekaligus menyebabkannya anemia. Gejala awal yang akan bisa dilihat di antaranya adalah muntah-muntah, urin berwarna kemerahan, lesu, dan anemia.  Karenanya minimalisir memberikan asupan makanan yang berbahan bawang kepada kucing kesayangan.
  • Alpukat
Alpukat memang merupakan buah yang nikmat. Namun hal itu tak berlaku bagi kucing kesayangan Anda, pasalnya segala hal yang berhubungan dengan alpukat, baik pohon, buah ataupun kulitnya, semua memiliki kecenderungan menebarkan racun.      Hal ini diperkuat dengan pemaparan bahwa alpukat ternyata memiliki kandungan persin yang memiliki kemampuan merusak otot jantung binatang, termasuk di dalamnya adalah kucing.

Keracunan

Seperti binatang lainnya, secara umum kucing juga rentan terhadap bahaya keracunan. Dan sayangnya beberapa kasus keracunan yang terjadi adalah akibat dari diberikannya makanan manusia yang memiliki kadar berbahaya. Berkaitan dengan hal tersebut, secara umum tak bisa pula menyamaratakan antara maknan manusia dengan makanan kucing kesayangan kita, kecuali memang tak ada pantangan pun larangannya.  Dan yang tak kalah pentingnya, anak-anak juga harus diajarkan untuk jangan sembarangan memberikan makanan kepadanya.
Semoga artikel ini memberikan manfaat kepada anda, agar anda bisa mendapatkan informasi tentang makanan yang pas untuk hewan peliharaan anda, semoga bermanfaat ya:)

0 Response to "Tahukan Anda Memberikan Makanan Manusia Kepada Kucing Peliharaan Bisa Berakibat Fatal?"

Post a Comment

Syarat dan ketentuan :

Pengunjung dilarang memberikan komentar yang bersifat link aktif, spam, SARA, pornografi, dan iklan promosi dalam bentuk apapun (kecuali atas kesepakatan bersama). Admin berhak sepenuhnya menyaring komentar yang akan ditampilkan. Berkomentarlah secara bijak dan cerdas, terima kasih!

share

Find We