Kemuliaan Dan Keutamaan Malam Jum’at Dan Hari Jum’at

Kemuliaan Dan Keutamaan Hari Jum'at
Keutamaan Hari Jum’at-Inilah Keutamaan Malam Jum’at dan Hari Jum’at, Malam Jum’at adalah malam yang paling utama, harinya adalah hari yang paling utama dari semua hari dalam 1 minggu. Postingan kali ini saya kutip dari hadis hadis nabi yang sohih, Yang saya kutip dari status ucapan selamat malam, status ucapan selamat malam gokil, status ucapan selamat malam minggu, status fb malam jumat, status malam jumat galau, status malam jumat islami, status malam jumat kliwon status malam jumat legi, yuk lnagsung aja di simak bersama-sama di sini:
Kemuliaan Dan Keutamaan Hari Jum’at
Apa saja kemuliaan dan keutamaan Hari Jumat itu
Rasulullah pernah bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i)
Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata:
Tidak ada terbit matahari yang lebih utama dari hari Jum’at, dan sesungguhnya pembicaraan burung pun jika iaberjumpa dengan yang lain pada hari ini, ia mengucapkan salam, salam kebaikan dan kedamaian.” Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Jika kalian memasuki hari Jum’at, maka janganlah kalian disibukkan oleh sesuatu selain ibadah, karena hari itu adalah hari pengampunan bagi hanba hamba Allah; pada hari Jum’at dan malam Jum’at Allah menurunkan kepada mereka rahmat dan karunia lebih banyak daripada mengambilnya dalam waktu yang singkat.” (Fafâtihul Jinân, bab 1, pasal 4, halaman-28-38 ).
Rasulullah saw bersabda:
Sesungguhnya hari Jum’at adalah penghulu semua hari,
di dalamnya Allah azza wa jalla melipatgandakan kebaikan, menghapus keburukan, mengangkat derajat, mengijabah doa, menghilangkan duka, dan menunaikan hajat-hajat yang besar. Hari Jum’at adalah hari Allah menambah jumlah orang-orangyang dibebaskan dari neraka. Tidak ada seorang pun manusia yang memohon perlindungan di dalamnya dan ia mengenal hak-Nya serta yang diharamkan-Nya,kecuali Allah berhak membebaskan dan menyelamatkan ia dari neraka. Jika ia mati pada hari Jum’at atau malamnya, ia mati syahid dan membangkitkan dari kuburnyadalam keadaan aman.Tidak ada seorang pun yang meremehkan apa yang diharamkan oleh Allah dan menyia-nyiakan hak-Nya, kecuali Allah berhak mencampakkannya ke dalam neraka Jahannam kecuali ia bertaubat.
Ali bin Abi Thalib (sa) berkata:
Sesungguhnya Allah swt memilih Jum’at, lalu menjadikan harinya sebagai hari raya, dan memilih malamnya menjadi malam hari raya. Di antara keutamaannya adalah orang yang momohon hajatnya kepada Allah Azza wa Jalla pada hari Jum’at Allah mengijabahnya; suatu bangsa yang sudah layak menerima azab lalu mereka memohon pada malam dan hari Jum’at Allah pasti menyelamatkan mereka darinya. Tidak ada sesuatu pun yang Allah tentukan dan utamakan kecuali Ia menentukannya pada malam Jum’at. Karena itu, malam Jum’at adalah malam yang paling utama, dan harinya adalah hari yang paling utama.
Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata:
Jauhilah maksiat pada malam Jum’at, karena pada malam itu keburukan dilipatgandakan dan kebaikan dilipatgandakan. Barang siapa yang meninggalkan maksiat kepada Allah pada malam Jum’at Allah mengampuni semua dosa yang lalu, dan barang siapa yang menampakkan kemaksiatan kepada Allah pada malam Jum’at Allah menyiksanya dengan semua amal yang ia lakukan sepanjang umurnya dan melipatgandakan siksa padanya akibat maksiat itu.
Banyak riwayat, Rasulullah bahkan meminta kita memuliakan hari itu.
Dalam sebuah riwayat, Rasulullah pernah bersabda. “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihis Salam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” [Riwayat Muslim]
Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.” [Muttafaqun Alaih]
Nah, jadi Hari Jumat itu BUKAN HARI HOROR ya, seperti yang kebanyakan ditayangkan di televisi dengan slogannya MALAM JUMAT KLIWON itu. Weleh weleh, itu LEBAY pol deh.
Karena banyak sekali keutamaan Hari Jumat itu.
Yang paling simpel adalah dengan memperbanyak bacaan sholawat, “Allohumma sholli ‘alaa sayyidina muhammad, wa’alaa aali sayyidina muhammad.
Buat yang ingin jadi pengusaha, ataupun sedang merintis usaha, gencarkan dan perbanyaklah bacaan sholawat ini, seraya banyak-banyak memohon ampun kepada Allah dan membaca bacaan istighfar, “Astaghfirullaahal’adziim.”
Jadi dalam kita simpulkan bahwa malam terbaik untuk beribadah iyalah malam jumat, untuk itu perbanyaklah ibadah di malam jumat ini agar senantiasa  mendapat pahala yang berlimpah, sekian artikel ini, semoga bermanfaat bagi pembaca, salam CORETANREFLI

0 Response to "Kemuliaan Dan Keutamaan Malam Jum’at Dan Hari Jum’at "

Post a Comment

Syarat dan ketentuan :

Pengunjung dilarang memberikan komentar yang bersifat link aktif, spam, SARA, pornografi, dan iklan promosi dalam bentuk apapun (kecuali atas kesepakatan bersama). Admin berhak sepenuhnya menyaring komentar yang akan ditampilkan. Berkomentarlah secara bijak dan cerdas, terima kasih!

share

Find We