Beragam
permainan sangat baik untuk otak, tetapi permainan yang melibatkan pemecahan masalah adalah aktifitas yang paling baik untuk pengembangan otak.
Masalah-masalah yang harus dipecahkan harus memenuhi syarat-syarat sebagai
berikut : Baru, Menantang, tidak mengancam dan merangsang emosi.
Apa
yang sering kia sebut sebagai “Makna yang mendalam” sebenarnya terjadi karena sel-sel semakin
terhubung dan menemukan celah baru ke sel-sel lain. Makin banyak cara kita
mempelajari sesuatu dalam beragam konteks, dengan kepandaian berbeda, lewat
rangsangan emosi dengan bantuan beragam media-media baik. Pengalaman yang luas
akan membantu kita mengingat kembali apa yang telah kita pleajari secara lebih
mudha dimasa yang akan datang.
Permainan
anak-anak adalah cara yang bagus untuk mengulang materi pelajaran. Sejumlah
permainan melibatkan pengulangan dan hafalan, permainan lain juga cocok untuk
meningkatkan hormone penyebab rasa nyaman dalam otak, seperti dopamine dan
norepineferin. Dalam kadar yang tepat, “dopin” biologis ini meningkatkan
kapasitas memori dan kognisi.
Situasi
emosional dapat memicu sikap aktif dan pasif. Menjalin hubungan emosi dengan
materi pelajaran merupakan cara utama untuk menyampaikan makna materi pelajaran
itu, perasaan yang terbangun juga akan mendorong perhatian dan motivasi. Akhir
kata, proses belajar akan menjadi lebih berkesan jika disertai dengan perasaan
yang kuat.
Otak
menyukai rangsangan, perubahan, dan hal-hal baru. Sayangnya, sebagian besar
guru dan pelatih lebih menyukai control dan keniscayaan. Padahal, keniscayaan
yang berlebihan akan menimbulkan masalh disiplin.
Membangun
otak dengan udara segar (satu atau dua menit sudah cukup) adalah hal mudah.
Ajak murid ketempat yang tidak biasa dan gairahkan kembali pikiran serta minat
belajar mereka. Gerakan fisik dan perubahan rutinitas akan merangsang minat.
“Kendala belajar” adalah apapun yang akan terjadi di otak.
Penyebab
yang paling umum adalah adanya pengetahuan yang saling bertentangan, bersaing,
dan salah yang bersifat kompleks dan sulit diubah. Memperbaiki pengetahuan yang
salah dengan pengetahuan yang lebih terarah dan baru, memasang waktu lama.
Perasaan juga dapat menciptakan kendala. Jika kita mempunyai ingatan yang
sangat kuat akan perasaan negative, mincul neurotransmitter yang bersifat
menghambat dan menghalangi terjadinya hubungan (pelajaran baru menjadi tidak
dapat diserap)
Kunci
untuk menyingkirkan kendala-kendala ini adalah dengan mengenali dan melakukan
proses belajar lewat cara lain yang lebih terbuka.
Sekian artikel saya, semoga pembaca merasakan manfaat dan
menambah pengetahuan dari blog kesayangan kita ini, terima kasih sudah membaca
ya:)
Lihat daftar isi disini
Lihat daftar isi disini
0 Response to "Rahasia Otak Cemerlang Rangkaian Aktifitas Ringan untuk Melatih Kerja Otak"
Post a Comment
Syarat dan ketentuan :
Pengunjung dilarang memberikan komentar yang bersifat link aktif, spam, SARA, pornografi, dan iklan promosi dalam bentuk apapun (kecuali atas kesepakatan bersama). Admin berhak sepenuhnya menyaring komentar yang akan ditampilkan. Berkomentarlah secara bijak dan cerdas, terima kasih!